Rangkuman Sejarah dan Pemanfaatan E-learning
Sejarah dan Perkembangan E-learning
Dimulai pada tahun 1924, Mesin pengujian pertama diciptakan. Perangkat ini memungkinkan siswa untuk menguji dirinya sendiri.
Pada tahun 1954, BF Skinner, seorang profesor Harvard, menciptakan “mesin pengajar”, yang memungkinkan sekolah untuk mengelola instruksi program bagi siswa mereka.
Pada tahun 1960, Universitas Illions membuat sebuah sistem dimana mahasiswa berkesempatan untuk dapat mengakses informasi melalui media komputer yang saling terhubung dengan memperdengarkan materi dari pengajar (dosen) yang direkam melalui suatu pengendali jarak jauh seperti perangkat audio maupun televisi. Sistem itu disebut dengan PLATO (Programmed Logic for Automatic Teaching Operation) dan digunakan selama hampir empat decade.
Di awal tahun 1960-an, seorang profesor psikologi dari Standford University bernama Patrick Suppes dan Richard C. Atkinson bereksperimen dengan sebuah komputer untuk mengajarkan cara membaca dan berhitung kepada anak-anak di sekolah dasar di California
Pada tahun 1963, Bernard Luskin memasang sebuah komputer pertama kali di dalam sebuah komunitas kampus yang digunakan untuk menginstruksikan sesuatu, bekerjasama dengan Standford dan lainnya, untuk mengembangkan instruksi berbasis computer.
Pada tahun 1970, Luskin melengkapi disertasinya bekerjasama dengan Rand Corporation dalam menganalisis kendala yang ada pada instruksi berbasis computer
Pada tahun 1976, Bernard Luskin meluncurkan Coastline Community Collage sebagai sebuah “college without walls” atau “kampus tanpa dinding” menggunakan stasiun televisi KOCE-TV sebagai sarananya
Pada pertengahan tahun 1950-an, melakukan akses suatu isi dari bahan ajar menjadi sangatlah mungkin dilakukan dibebeberapa perpustakaan Perguruan Tinggi. Cassandra B.Whyte meneliti tentang peningkatan peran yang dimainkan suatu computer di tingkat pendidikan yang lebih tinggi. suatu komputer di tingkat pendidikan yang lebih tinggi (Whyte,1989:86-89)
Pada tahun 1990. Era CBT (Computer-Based Training) di mana mulai bermunculan aplikasi E-learning yang berjalan dalam PC standlone ataupun berbentuk kemasan CD-ROM. Isi materi dalam bentuk tulisan maupun multimedia (video dan audio) dalam format mov, mpeg-1, atau avi.
Pada tahun 1994. Seiring dengan diterimanya CBT oleh masyarakat sejak tahun 1994 CBT muncul dalam bentuk paket-paket yang lebih menarik dan diproduksi secara massal.
Pada tahun 1997. LMS (Learning Management System) seiring dengan perkembangan teknologi internet, masyarakat di dunia mulai terkoneksi dengan internet. Kebutuhan akan informasi yang dapat diperoleh dengan cepat mulai dirasakan sebagai kebutuhan mutlak , dan jarak serta lokasi bukanlah halangan lagi. Dari sinilah muncul LMS. Perkembangan LMS yang makin pesat membuat pemikiran baru untuk mengatasi masalah interoperability antar LMS yang satu dengan lainnya secara standar.
Pada tahun 1999. Sebagai tahun Aplikasi E-learning berbasis Web. Perkembangan LMS menuju aplikasi e-learning berbasis Web berkembang secara total, baik untuk pembelajar (learner) maupun administrasi belajar mengajarnya. LMS mulai digabungkan dengan situs-situs informasi, majalah, dan surat kabar. Isinya juga semakin kaya dengan perpaduan multimedia , video streaming, serta penampilan interaktif dalam berbagai pilihan format data yang lebih standar, dan berukuran kecil.
Pada tahun 2000. E-learning mulai banyak digunakan di dalam dunia bisnis. E-learning ini digunakan untuk melatih karyawan-karyawan suatu perusahaan. Selain itu juga muncul trend social network learning yang menggabungkan social media internet dengan learning.
Pada tahun 2010 sampai sekarang. Sebuah e-learning yang baru terinspirasi oleh media sosial membangun momentum. Twitter, Youtube, Massive Open Online Coursers (MOOCs), iTunes, Skype, oportunities untuk menghubungkan, berbagi informasi, dan saling belajar yang ditemukan di mana-mana.
E-Learning dan Pengaplikasianya di Dunia Pendidikan di Indonesia
E-learning merupakan pembelajaran yang menggunakan media computer yang tersambung ke dalam jaringan internet dimana setiap murid berupaya memperoleh bahan belajar sesuai dengan kebutuhanya. E- learning biasanya menggunakan softwere untuk menghubungkan antara guru dan murid melalui sebuah ruang belajar online.
e-learning merupakan terobosan terbaru dalam proses belajar mengajar. Inovasi ini muncul dari para ahli teknologi dan pendidikan yang kiranya akan dapat menjadi prospek yang baik bagi lembaga pendidikan, tenaga pendidik, peserta didik maupun masyarakat.
Indonesia merupakan salah satu Negara dengan pendidikan yang tergolong masih tertinggal. Salah satu cara mengatasi hal tersebut adalah menerpakan e-learning sebagai sarana pembelajaran. Menurut Boediono (Wakil Presiden periode 2009-2014) e-learning merupakan batu loncatan untuk mengantasi ketertinggalan pendidikan Indonesia dengan dunia internasional. Oleh karena itu pengempangan e-learning sangatlah diperlukan demi menunjang pendidikan di indonesia.
Dalam pengembanganya E-Learnng memberikan nuansa baru pada dunia pendidikan di Indonesia. Guru yang semula mengajar dalam suatu rungan kelas dengan waktu yang terbatas gini dengan bantuan teknologi informasi guru dapat melakukan pembelajaran dengan mengumpulkan siswanya dalam dalam suatu ruang online dimanapun tanpa ada batasan waktu.
Di Indonesia sendiri saat ini e-learning sudah banyak diterapkan dalam berbagai perguruan tinggi maupun sekolah menengah atas. Jika kita melihat fenomena saat ini dimana anak sekolah dasar sudah mahir menggunakan alat elektronik seperti handphone, laptop maupun computer maka tidak menutup kemungkinan e-learning juga diterpakan pada tingkat sekolah menengah pertama bahkan hingga ke tingkat sekolah dasar
Di Indonesia sendiri penerapan e-lerning menjadi salah satu inovasi dalam pembelajaran. Dimana keterbatasan waktu pembelajaran yang ada di sekolah tidak lagi menjadi batasan bagi siswa untuk mendapatkan pembelajaran.
Dampak e-learning dalam pendidikan di Indonesia sendiri sangatlah baik. Dimana penerpan e-learning dalam satuan pendidikan akan mampu meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di Indonesia saat ini.
Rangkuman materi ini merupakan resume dari beberapa sumber. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun untuk perbaikan dan perkembangan blog ini dimasa yang akan datang.
Sekian, Terimakasih. Semoga bermanfaat yaa :) bye byee.
https://www.baba.co.id/sejarah-dan-pemanfaatan-e-learning-atau-pembelajaran-elektronik/
https://www.kompasiana.com/fajar80795/5dbd224ad541df0e731c4812/e-learning-dalam-dunia-pendidikan-di-indonesia?page=all
https://www.academia.edu/34533012/SEJARAH_DAN_PERKEMBANGAN_E_LEARNING
Komentar
Posting Komentar