Pembelajaran Kelas V SD Semester 1 Tema 4 Subtema 1
Pembelajaran Kelas V SD Semester 1 Tema 4. Sehat itu Penting, Subtema 1 Peredaran Darahku Sehat yang akan menyajikan materi Organ Peredaran darah pada Manusia dengan
KD 3.4 Memahami organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia.
KD 4.4 Menyajikan karya tentang organ peredaran darah pada manusia.
A. Media sosial yang digunakan untuk menyajikan materi diantaranya :
1. Aplikasi YouTube
2. Blog atau Website
3. Animasi Video
4. WhatsApp Grup
5. Google Class room
B. Sumber dan media pembelajaran
Buku Guru dan buku Siswa, Kelas V, cetakan ke-2 (edisi revisi) Tema 1 : Sehat Itu Penting kementrian pendidikan dan kebudayaan, Jakarta : 2014
Buku Tematik Kelas V Tema 4, Teks bacaan, gambar peredaran darah manusia, dan alat tulis.
C. Rancangan susunan sajian materi
1. Penyampaian Materi
- Sebelum pembelajaran daring dimulai guru mengkoordinasi peserta didik dalam google class room ataupun dengan menggunakan grup whatsapp untuk berdoa menurut kepercayaan masing-masing.
- Guru mengecek kehadiran siswa. Setiap siswa melakukan presensi dengan menggunakan format “nama siswa_no presensi_keadaan (sehat,sedih,rindu)_siap mengikuti pelajaran hari ini.
- Setelah itu guru memberi rangkuman singkat yang terdapat pada blog tentang materi yang akan dipelajari hari ini.
- Siswa membaca dan mempelajari materi yang dikirimkan oleh guru
- Guru memberikan penjelasan singkat dengan menggunakan pesan berupa Voicenote
- Kemudian pembelajaran berpindah ke aplikasi Youtube, guna menonton video animasi peredaran darah pada manusia. kemudian mengirim link berikut https://youtu.be/Zmc26h6wSms dalam link tersebut sudah terdapat penjelasan materi.
- Siswa kemudian menonton dengan saksama dan merangkum materi pada buku tugas siswa yang akan dinilai oleh guru
2. Diskusi
- Guru memberikan pertanyaan, untuk bahan diskusi
- Siswa juga dapat menanggapi dengan bertanya dalam kolom komentar, ataupun melalui grup whatsapp dan google class room.
- Kemudian dapat dijadikan sebagai tambahan bahan diskusi bersama.
3. Evaluasi
- Setelah itu, guru dapat melakukan penguatan pemahaman dengan menambah atau menanggapi jawaban siswa yang masih kurang.
- Guru juga dapat memberikan pertanyaan mengenai materi yang dibahas sebagai penguatan pemahaman materi
- Guru memberikan rangkuman dan poin-poin penting pada pembelajaran hari ini.
- Guru bersama siswa menarik kesimpulan dari materi yang dipelajari.
Rancangan susunan sajian materi ini merupakan karangan saya berdasarkan pengalaman pribadi dan pengembangan saya. Apabila terdapat kesalahan maupun kekurangan saya mohon maaf. Oleh karena itu, saya berharap dapat diberi kritik maupun saran yang membangun untuk perkembangan blog ini dan pengetahuan saya mengenai prosea pembelajaran ini kedepannya. Terimakasih :)
Komentar
Posting Komentar