Komunukasi Dalam Kelas Online (Chat)
Salah satu aktivitas dalam pembelajaran online adalah komunikasi. Komunikasi dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Komunikasi terjadi antara fasilitator dengan peserta diklat, antar peserta, peserta dengan penyelenggara. Komunikasi tersebut dilakukan secara synchronous maupun asynchronous.
1. Forum Diskusi
Forum diskusi merupakan fitur komunikasi yang utama dalam pembelajaran online. Melalui forum diskusi akan terjadi komunikasi interaktif antara fasilitator dengan peserta, antar fasilitator, antar peserta untuk tukar pengetahuan dan pengalaman atau sebagai sarana unjuk kerja peserta. Forum diskusi dapat sebagai kanal komunikasi synchronous maupun asynchronous.
Ada 4 tipe forum diskusi dalam Moodle, yaitu:
· Forum tunggal sederhana, fasilitator hanya membuat satu topik untuk dapat didiskusikan oleh setiap peserta.
· Forum standar, setiap peserta dapat berpartisipasi baik membuat topik diskusi baru maupun menanggapi topik diskusi yang telah dibuat sebelumnya
· Forum refleksi, setiap peserta hanya diberi satu kesempatan untuk membuat topik baru yang menjadi bahan diskusi, namun tidak ada batasan untuk menanggapi topik tersebut.
· Forum tanya-jawab, fasilitator akan membuat suatu pertanyaan yang harus dijawab oleh setiap peserta tetapi tidak dapat melihat jawaban peserta yang lain.
Dalam pembelajaran online, pemanfaatan forum diskusi antara lain untuk:
• Berkomunikasi menyampaikan ide, gagasan, pengalaman.
• Bertanya topik baru yang terkait dengan materi atau hal-hal yang mendukung pembelajaran,
• Memberi respon/jawaban terhadap topik atau pendapat orang lain.
• Saluran untuk mengumpulkan tugas peserta,
• Sarana unjuk kerja peserta dan penilaian oleh fasilitator.
2. Blog
Blog merupakan salah satu fitur komunikasi Moodle, di mana melalui blog pengguna sistem berbasis Moodle dapat menyampaikan ide, gagasan, pengalamannya untuk diketahui dan direspon orang lain.Konsep blog Moodle tidak berbeda dengan blog secara umum, di mana pengguna blog dapat menuliskan pengalamannya ke dalam blog tersebut dan orang lain membaca dan atau memberikan respon. Blog Moodle juga dapat terhubung dengan penyedia layanan blog di luar Moodle seperti Wordpress, blogspot, dan lain-lain sehingga apabila seseorang sudah mempunyai blog di luar Moodle dapat menghubungkan blog tersebut dengan blog Moodle sehingga isi blog di luar Moodle dapat otomatis masuk ke dalam blog Moodle.
3. Messege
Message di Moodle dapat dimanfaatkan untuk komunikasi synchronous maupun asynchronous. Message Moodle dapat dalam bentuk percakapan antar individu atau pesan pemberitahuan tentang tugas, forum atau aktivitas lainnya. Informasi di dalam message ditujukan pada individu tertentu, tidak dalam bentuk siaran/broadcast.
4. Chat
Chat merupakan aktivitas di Moodle yang dapat digunakan untuk komunikasi synchronous. Pengguna dapat melakukan percakapan secara real time dengan pengguna lain yang berada di dalam sistem.Percakapan secara langsung antara peserta dan fasilitator secara khusus, misalnya peserta berkonsultasi ke fasilitator atau fasilitator menyampaikan pesan-pesan khusus.
Dalam menjalankan pembelajaran online, guru dapat menentukan komunikasi bentuk apa yang digunakan. Dan tentunya pilihan guru tersebut juga harus berdasarkan pada kemampuan dan keadaan siswa sehingga tidak membingungkan dan memberatkan siswa. Salah satunya yaitu memilih untuk menggunakan chat dalam berkomunikasi. Chat merupakan aktivitas di Moodle yang dapat digunakan untuk komunikasi synchronous. Pengguna dapat melakukan percakapan secara real time dengan pengguna lain yang berada di dalam sistem. Sehingga dirasa dapat lebih mudah dan secara langsung.
Manfaat dari penggunaan chat diantaranya :
· Sebagai sarana berkomunikasi yang mudah dan praktis.
· Bisa digunakan untuk berkumpul pada suatu grup atau multiple chat.
· Waktu menjadi lebih efisien.
. Dapat membagi foto, video, link dengan cepat.
Terimakasih Ria atas informasinya. Saya Eka Septi Lestari, saya setuju dengan pendapat Ria, komunikasi online melalui chat dirasa lebih mudah dan lebih efisien. Dan juga dirasa tidak menyusahkan siswa. Dan terima kasih dari materi mbak Ria saya mendapatkan informasi dan menambah pengetahuan saya, dan bisa saya terapkan nantinya ketika saya sudah mengajar.
BalasHapusTerimakasih.
terimakasi atas informasi yang tertulis di blog. saya setuju dengan apa yang disampaikan oleh mba ria karena menurut saya, informasi yang disampaikan sudah tepat dan sesuai
BalasHapusTri Wulandari_1401419362
BalasHapusHaii ria terimakasih atas informasinya.Benar sekali bahwa dalam menentukan Pembelajaran online guru harus memperhatikan kemampuan siswa.Melalui chat yang sudah familiar dimasyarakat akan memudahkan siswa dalam penggunaanya.
Hai Ria. Terima kasih atas informasinya. Saya sependapat dengan apa yang sudah kamu sampaikan. Chat memang sangat mudah dan eefektif untuk berkomunikasi dalam pembelajaran online.
BalasHapusHallo Ria, Saya Sinta Afifah/1401419346
BalasHapusSaya Setuju dengan apa yang telah dipaparkan oleh Ria diatas. Dalam masa pembelajan daring seperti ini, chat sangat bermanfaat. Kita bisa bertukar informasi dan mengerjakan tugas kelompok via chat meski dengan jarak yang jauh. Terimakasih atas materi yang telah disampaikan.
Hallo, Ria. Saya setuju dengan kamu, memang ditengah pandemi seperti ini media sosial (media online) sangat bermanfaat dan dibutuhkan untuk melakukan pembelajaran secara jarak jauh..
BalasHapus